Senin, 23 April 2012

Tips Sederhana Menghemat BBM

Setelah mengetahui beberapa sebab yang mengakibatkan motor boros pada posting sebelumnya, maka pada posting kali ini saya akan berbagi tips sederhana untuk menghemat penggunaan BBM khususnya pada motor. Berikut adalah caranya :


1. Selaraskan dalam membuka dan menutup gas
Maksudnya disini adalah, kita harus pandai-pandai meyelaraskan saat melakukan buka-tutup saat ngegas. Jangan buka gas terlalu lebar saat awal hendak berjalan. Ketika sudah mulai berjalan tambah kecepatan sesuaikan dengan putaran mesin dan kondisi jalan. Memang diperlukan feeling yang kuat untuk melakukannya. Namun,jika sudah terbiasa akan secara otomatis kita melakukannya.

2. Kurangi penggunaan rem dan gas secara bersamaan
Hal ini dapat menyebabkan putaran mesin tinggi namun tenaga yang dihasilkan tertahan sehingga tenaga terbuang sia-sia. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh para wanita karena takut sepeda motornya melaju terlalu cepat. Maka mereka sering menggunakan tekhnik ini meskipun salah.

3. Jangan geber-geber dilampu merah
Tinggalkan kebiasaan ini karena selain merugikan diri sendiri, hal ini juga mengganggu orang lain yang berada disekitar kita (berisik) . Bensin akan tercampur udara dan masuk keruang mesin tapi pembakarannya tidak sempurna, karena motor dalam kondisi  netral.

4. Kurangi penggunaan engine brake
Penggunaan engine brake memang dianjurkan saat di dalam lintasan balapan. Namun,tidak untuk dijalan raya. Gunakan selalu rem depan dan dibantu dengan dengan rem belakang. Penggunaan engine brake berguna disaat-saat darurat saja (ngerem mendadak).

5. Jangan terlalu lama  memanaskan motor
Memanaskan motor memang dianjurkan saat motor akan digunakan setelah beristirahat cukup lama. namun saat memanaskan motor jangan terlalu lama, maksimal tiga menit sudah cukup. Memanaskan motor memang bertujuan agar mesin tidak kaget ketika akan digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu memanaskan motor bertujuan agar oli-oli yang tadinya mengendap,kembali berputar sebelum digunakan.

Sepertinya cukup segitu tips yang bisa saya bagikan. Yang penting cerdaslah dalam menggunakan kendaraan sesuai fungsinya, jangan terlalu memaksakan kendaraan untuk melakukan hal berat, dan rajinlah merawat kendaraan sesuai petunjuk yang diberikan. Jika kendaraan sehat, maka kita juga akan nyaman melakukan perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar