Minggu, 29 April 2012

Mendengkur Saat Tidur Ternyata Berbahaya lho!

Mendengkur atau lebih dikenal dengan "ngorok" sering menjadi masalah ketika anda tidur. Mendengkur biasanya terjadi ketika kita tertidur pulas setelah melakukan aktivitas seharian. Mendengkur sendiri dalam dunia kedokteran dikenal dengan Sleep Apnea yang terjadi akibat, penyempitan saluran pernafasan. Udara yang melalui saluran sempit tersebut akan bergetar dan menimbulkan suara yang biasa kita sebut dengan ngorok.

Ternyata mendengkur bisa berakibat fatal untuk diri kita. Supply oksigen yang masuk kedalam tubuh akan terhambat ketika saluran yang dilewatinya sempit. Sehingga bila supply oksigen berlangsung lama, maka tubuh kita akan kekurangan oksigen. Akibatnya nyawa kita akan terancam. Dari beberapa cerita, banyak orang yang akan meninggal saat tidur awalnya terdengar dengkuran yang sangat keras. Orang yang berada disekitarnya mengira ia sedang tertidur pulas. Padahal ia sedang kekurangan oksigen yang masuk ketubuh. Kondisi ini memicu jantung, otak dan organ lainnya untuk bekerja lebih keras. Saat mencapai kondisi maksimal kerja organ tubuh akan berhenti dan mengakibatkan seseorang kehilangan nyawanya.

Bagaimana cara untuk mengatasi ngorok ketika tidur?
 1. Kurangi aktivitas di siang hari. Usahakan jangan lakukan aktivitas terlau berat.
 2. Bagi mereka yang mengalami kegemukan, kurangi berat badan anda, karena kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab mendengkur ketika tidur.
 3. Hindari penggunaan obat tidur, obat penenang karena dapat menyebabkan gangguan nafas ketika tidur.
 4. Kurangi rokok (Bagi perokok)
 5. Usahakan untuk tidur dalam kondisi miring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar