Minggu, 01 April 2012

Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi (Resume)

Berikut adalah beberapa poin penting yang dapat diambil dari prensentasi kelompok lima mengenai "Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi " :


Alat ukur keberhasilan perekonomian suatu Negara adalah adanya peningkatan pendapatan Negara tersebut.Alat ukur yang digunakan saat ini untuk menghitung jumlah kuantitatif pendapatan suatu Negara adalah Produk Nasional Bruto / Gross National Poduct (GDP).GDP sendiri lebih ditujukan untuk mengukur angka kemakmuran material masyarakat.





  • Pendapatan nasional

nasional adalah keseluruhan jumlah barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu Negara dalam jangka waktu tertentu, biasanya dalam setahun.

  • Perekonomian tertutup sederhana
Perekonomian tertutup sederhana merupakan perekonomian yang tidak adanya hubungan dengan Negara lain dan tidak adanya campur tangan pemerintah, baik berupa pungutan pajak, pembayaran transfer pemerintah ataupun yang berbentuk pengeluaran konsumsi. Dalam perekonomian tertutup sederhana ini pengeluaran masyarakat seluruhnya pada tiap satuan waktu, biasanya dalam setahun, dan akan terdiri dari pengeluaran untuk konsumsi rumah tangga dan pengeluaran untuk investasi.
  • Pertumbuhan ekonomi
Pertumbuhan ekonomi adalah proses dimana terjadi kenaikan pendapatan nasional. Definisi pertumbuhan ekonomi yang lain adalah bahwa pertumbuhan ekonomi terjadi bila ada kenaikan output perkapita. Pertumbuhan ekonomi menggambarkan kenaikan taraf hidup diukur dengan output riil per orang.

Terdapat dua model analisis perekonomian tertutup sederhana yaitu sebagai berikut :
  1.   Model analisis dengan variabel investasi dan tabungan
Pada model ini, muncul dua aktifitas ekonomi yang baru yaitu, tabungan dan investasi. Tabungan rumah tangga dianggap sebagai,kebocoran karena dapat mengurangi kemampuan dari pendapatan secara riil apabila digunakan untuk kegiatan lain seperti konsumsi. Namun Tabungan tersebut tidaklah dianggap kebocoran apabila digunakan sebagai investasi.
      
     2.Angka Pengganda

Angka pengganda atau multiplier adalah hubungan kausal antara variabel tertentu dengan variabel pendapatan nasional.  Jika angka pengganda tersebut memepunyai angka yang tinggi, maka  dengan perubahan yang terjadi pada variabel tersebut akan memengaruhi angka terhadap tingkat pendapatan nasional yang besar juga, dan sebaliknya. Perubahan pendapatan nasional itu ditunjukan oleh suatu anagka pelipat yang disebut dengan  koefisien multiplier.

Pertumbuhan perekonomian akan menimbulkan beberapa masalah yang biasa terjadi yaitu Inflasi dan pengangguran. Pengangguran biasanya terjadi karena adanya faktor produksi yang tidak terpakai. Yaitu penyerapan tenaga kerja yang tidak maksimal. Penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin adalah salah satu faktor yang sering terjadi. Berkurangnya pengeluaran untuk biaya upah tenaga dan mengoptimalkan waktu membuat beberapa produsen mem-PHK karyawannya untuk mengirit pengeluaran biaya. Banyaknya pengangguran dapat menyebabkan masalah sendiri seperti meningkatnya angka kriminalitas, kemiskinan, dan     berbagai masalah sosail lainnya.


1 komentar:

NEWS

Loading...