Rabu, 14 Maret 2012

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran (Resume)

Berikut adalah beberapa poin penting yang dapat diambil dari prensentasi kelompok satu mengenai "Penentuan harga Permintaan dan penawaraan" :

A. Pengertian Penawaran
     Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu. Teori permintaan yaitu analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menemukan permintaan, dan bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi keseimbangan. Berikut adalah bunyi dari hukum permintaan : “Apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan”.

B.  Pengertian Permintaan
     Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu atau keadaan keseluruhan dari hubungan antara harga dan jumlah penawaran. Teori Penawaran yaitu analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan penawaran dan bagaimana faktor-faktor ini akan menentukan keseimbangan dan perubahan keseimbangan di pasar. Berikut adalah bunyi dari hukum penawaraan : “Bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun”.



C.  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan
      1. Selera
      2. Pendapatan konsumen
      3. Harga Barang/Jasa Pengganti
      4. Harga Barang/Jasa Pelengkap
      5. Perkiraan Harga Di Masa Datang
      6. Intensitas Kebutuhan Konsumen

D.  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran
      1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
      2. Tujuan perusahaan
      3. Pajak
      4. Ketersediaan barang pengganti / pelengkap
      5. Prediksi / perkiraan harga dimasa depan
   
E.  Penentuan Harga Keseimbangan
     Harga keseimbangan adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.
   
      Dalam proses untuk menentukan harga keseimbangan antara  permintaan dan penawaraan dibutuhkan proses tawar-menawar yang alot. Biasanya Proses tawar menawar terjadi dalam pasar tradisional atau tempat dimana penjual dan pembeli bertemu langsung secara face to face. Namun, proses tawar-menawar tidak mungkin terjadi dalam sebuah pasar modern seperti pasar swalayan atau mall. Dalam pasar ini penjual sudah menetapkan harga barang yang diinginkan. Sehingga sering kali kita temui harga dalam pasar tradisional jauh lebih murah dibandingkan harga di pasar modern. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

NEWS

Loading...