Rabu, 11 Desember 2013

Brazuca : Bola Resmi Piala Dunia 2014 Brasil


Produsen utama bola sepak resmi piala dunia, Adidas secara remi meluncurkan bola yang akan digunakan dalam Piala Dunia 2014 Brasil yang akan dimulai tahun depan. Brazuca merupakan nama yang diambil sebagai nama resmi bola Piala Dunia 2014. Setelah mengalahkan dua nama pesaingnya yaitu Bossa Nova dan Carnavalesca melalui survey yang diambil dari sekita satu juta pencinta sepak bola Brasil selama tiga pekan.

Brazuca sendiri dapat diartikan sebagai kebanggaan nasional dari gaya hidup di Brasil. Brazuca juga dapat menyimbolkan emosi, kebanggaan dan keinginan untuk meraih sesuatu hal yang baik. Selain nama yang sangat identik dengan Brasil, desain yang diambil untuk menghiasi bola tersebut juga sangat menyiratkan semangat Brasil dalam menyambut event sepak bola terbesar di dunia tersebut. Bola itu didekorasi dengan desain pita berwarna biru, emas, dan hijau yang menurut Adidas melambangkan gelang tradisional yang biasa digunakan di Brasil.

Brazuca telah melalui uji coba dalam waktu yang cukup panjang yaitu selama dua setengah tahun yang melibatkan ratusan pemain top dunia diantaranya Lionnel Messi, Iker Casillas, Bastian Schewinsteiger, Dani Alves, dan mantan pesepakbola kelas dunia Zinadine Zidane telah ikut dilibatkan dalam pengujian bola ini.
Brazuca diklaim lebih baik dibanding pendahulunya yaitu Jabulani ( Bola Resmi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan ).Struktur luar Brazuca dibentuk dengan enam panel kembar yang unik. Selain itu, permukaan bola juga menggunakan bahan khusus untuk meningkatkan kontrol, sentuhan, stabilitas serta aerodinamika bola baik di tanah maupun di udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar