Kamis, 09 Juli 2020

Panduan Diecaster Pemula Main Diecast seru kok!



Setelah sekian lama vakum dari dunia blogger (5 tahun cuy!) akhirnya sekarang nulis lagi dan bahas hobi baru lagi.

Okay sesuai judul di postingan kali ini gw mau ngasih tau gimana caranya untuk fun, enjoy, terjun di dunia diecast dengan aman sentosa. Postingan kali ini sii murni dari pengalaman pribadi sii jadi kalo yang lain ada saran atau pengalaman pribadi yang bisa di share, monggo dikomen dibawah. Biar kita sama sama belajar hehehe...


1. Kondisi keuangan
Kenapa point ini jadi yang pertama dibahas? Karena point ini kadang yang bikin kita (diecaster) suka jadi pusing sendiri pengennya banyak budgetnya terbatas hihi... Karena hobby tergolong kebutuhan tersier, usahakan budget untuk kebutuhan hobby jangan sampai menganggu kebutuhan primer dan TABUNGAN (ingat pepatah nabung pangkal kaya wkwkwk). karena harga diecast yang bervariasi dari kisaran puluhan ribu sampe jutaan kadang suka bikin gelap mata ngorbanin kebutuhan primer atau bahkan ngebobol tabungan sendiri. Intinya harus pinter pinter membagi kebutuhan primer, sekunder, tersier. 




2. Tujuan
Setelah beberapa tahun nyemplung ke dunia diecast, kalo diperhatikan diecaster terbagi menjadi 4 tipe. Pertama Kolektor Sejati. tipe diecaster ini biasanya emang fokus untuk koleksi diecast murni sebagai hobby untuk kesenangan diri. Diecaster model ini biasanya gak peduli harga yang penting suka bungkus! Tipe kedua itu Kolekdol (Kolektor dan kadang jadi seller juga) kolektor model gini biasanya suka koleksi tapi kalo sudah bosen mau ganti fokusan biasanya beberapa koleksiannya dijual. Selain ngurang-ngurangin tempat nyimpennya mayan kan buat nambah-nambah beli yang baru (Kalo gw termasuk tipe yg ini sii wkwkwk..). Yak lanjut tipe ketiga tipe Seller. Kalo ini murni seller yang emang fokus sebagai penjual diecast. Kalo kolektor butuh barang yang lagi dicari pasti nyarinya ke seller. Pokoknya kolektor tanpa seller mah apalah artinya wkwkwk. Tipe terakhir itu Modifikator. Tipe diecaster ini paling juara soal custom diecast. Ditangan para diecast modifikator diecast stock bisa berubah jadi super keren dengan beberapa modifikasi. Gaya stance, racing look, street tuner, Alto, ceper, dll biasanya jadi andalan. Pokoknya sim salabim....dari standar jadi anti mainstream. kalo kalian kira-kira pilih yang mana? 



3. Ukuran dan Merk
Nah setelah 2 point diatas masuklah ke intinya yaitu main diecast. Disini gw fokusin ke diecast mobil aja yak karena gw main nya di diecast mobil.hehehe... Skala atau ukuran diecast dibanding dengan ukuran kendaraan sebenarnya. Skala diecast itu macem macem yang umum beredar dipasaran biasanya dari yang paling besar 1/18, 1/24, 1/32, 1/43, 1/64 nahh tinggal kalian tentukan skala berapa yang mau jadi prioritas/fokusan kalian atau punya interest sama salah satu merk mobil dan mau koleksi semua skalanya? yaa Monggo yang penting happy. Setelah bahas skala tentunya merk juga berperan penting buat main diecast. Mulai dari yg bisa ditemuin di minimarket sampai dengan yang harus dicari di toko hobby atau surfing di marketplace nasional sampai internasional juga ada. berikut beberapa merk diecast yang gw tau yaa atau lebih enak dibuat postingan sendiri sambil bahas kelebihannya masing-masing??? Autoart (diecast kelas premium banyak main di skala besar 1/18 harga kisaran Jutaan lah pokoknya), Kyosho (11:12 sama Autoart), Jada Toys (skala lumayan lengkap, harga low-medium), Tomica (banyak di skala 1/64, untuk harga umumnya diangka puluhan sampai ratusan ribu), Hotwheels (banyak di skala 1/64, harga mulai dari puluhan ribu-jutaan tergantung series dan seberapa rare nya), Minigt (skala 1/64, harga ratusan ribu) dan masih banyak lagi (Minichamp, Bburago, Maisto, Saico, Majorette, Matchbox, Greenlight, Tarmac, Inno64, Altaya, Norev apalagi ya? hmmmm...)



4. Komunitas 
Nah namanya hobi biasanya punya komunitas. Kenapa butuh komunitas? karena dengan adanya komunitas kita jadi nambah ilmu seputar dunia diecast, nambah temen, tau info terupdate barang baru dan lagi "IN" dikalangan diecaster, dan satu hal yang terpenting lain tidak bukan adalah mudahnya link untuk nambah koleksi wkwkwk..Karena biasanya jual beli dikomunitas harganya dibawah pasaran dan biasanya seller seller suka mengadakan lelang diecast siapa bisa BID paling gede kuyyy lah bungkus masuk lagi deh koleksi baru.



Nah begitulah seluk beluk dunia diecast.. Oiya jangan lupa diecast itu bisa jadi salah satu Investasi lho tapi jangan terlalu berharap yaaa...harus nyemplung dulu yang dalem biar tau item mana aja yang kira-kira bakal jadi "most wanted item". Pokoknya nikmatin aja serunya hunting, ngebid, showoff, sampe cuan di dunia perdiecastan. ok lah cukup yak sampe ketemu lagi di postingan lain (kalo gak males nulis hehehe...) Salam satu Hobby..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar