Selasa, 05 November 2013

Telematika



Kata "Telematika" mungkin sudah tidak asing bagi kita. Di berbagai media pun kata telematika sering disebut-sebut. Seperti pakar telematika, kasus yang berhubungan dengan telematika dan lain-lain. Namun, apakah kita mengerti arti dari kata telematika itu sendiri?  Dalam artikel kali ini saya akan membahas secara singkat mengenai definisi telematika, perkembangan telematika, dan trend telematika yang akan datang. 

1. Definisi Telematika

Telematika merupakan istilah serapan dari bahasa Prancis "Telematique" yang memiliki arti dari gabungan dua kata yaitu : telekomunikasi dan informatika atau dapat diartikan bertemunya telekomunikasi melalui media informatika. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu bentuk telematika. Telematika juga dikenal dengan istilah ICT (Information and Communications Technology) atau dalam bahasa Indonesia disebut TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). TIK merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. Secara umum istilah Telematika digunakan untuk teknologi Sistem Navigasi / Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (Mobile Communication Technology).


2. Perkembangan Telematika

Sebelum telematika berkembang, untuk memperoleh informasi kita harus menunggu informasi yang kita butuhkan melalui media massa (koran, majalah, buletin, tabloid dll) atau menunggu di televisi ataupun radio. Pertukaran data dan informasi pun harus melalui pos yang pproses pengirimannya membutuhkan waktu berhari-hari. Namun setelah telematika berkembang, untuk mendapatkan informasi yang kita perlukan, kita hanya membutuhkan sentuhan jari dan kita dapat dengan mudah mendapatkan apa yang kita inginkan. Pada era modern seperti saat ini, telematika menjadi seperti kebutuhan yang harus terpenuhi. Kebutuhan informasi ter-update semakin mudah didapatkan melalui berbagai piranti teknologi yang semakin mutakhir. Seperti smartphone, tablet PC, notebook, laptop merupakan senjata utama untuk membantu kita mendapatkan berbagai informasi dan pertukaran data secepat kilat. Bahkan telematika juga berguna untuk sistem pelacakan navigasi secara realtime berbasis satelit yang disebut GPS.

3. Trend Telematika yang Akan Datang

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah cukup canggih apalagi dengan banyak diciptakannya media teknologi yang hanya dengan satu alat bisa memiliki banyak fungsi. Seperti yang bisa kita lihat saat ini kemajuan teknologi pada sebuah handphone. Awalnya handphone hanya digunakan untuk media komunikasi telepon dan berkirim pesan singkat, namun saat ini handphone sudah beralih menjadi smartphone. Smartphone saat ini memiliki berbagai fungsi yang mendukung penggunannya dalam berbagai aktifitas. Begitu juga dengan internet. Komputer pun ikut mengalami evolusi. Komputer yang dulunya tidak bisa dibawa kemana-mana saat ini komputer bisa dijinjing atau bahkan bisa masuk di dalam saku. Internet juga merupakan hasil pekembangan teknologi informasi yang saat ini digunakan oleh hampir semua orang didunia. Dengan pemanfaatan internet kita bisa memperoleh informasi – informasi yang kita butuhkan tanpa harus datang ketempat sumber informasi itu berada. Selain itu kita bisa berkomunikasi dengan orang dari jarak jauh baik menggunakan layanan chating (Facebook, BBM, Whatsaap, Line, KakaoTalk dll) ataupun teknologi video call seperti Skype. Dengan kemajuan telematika yang ada saat ini, perkembangannya pasti akan jauh lebih baik karena manusia pasti akan menciptakan teknologi yang baru, kerena kebutuhan manusia itu tidak terbatas dan manusia sendiri tidak akan pernah puas.




 

1 komentar: