Rabu, 02 Mei 2012

Stand Up Comedy Indonesia

Lawakan Stand Up Comedy di Indonesia sebenarnya telah diperkenalkan sejak jaman kejayaan warkop DKI cs. (Alm) Dono,(Alm) kasino, dan Indro adalah pelopor masuknya "komedi berdiri" ini  ke Indonesia. Terlihat dalam beberapa film, mereka sering kali menampilkan adegan sedang ber-standup comedy di cafe-cafe. Selain itu, (Alm.) Taufik Savalas juga sering mempraktekan standup comedy di beberapa program TV miliknya.
Standup comedy pada masa lalu kurang diminati seperti saat ini, karena mungkin orang beranggapan jenis lawakan seperti ini akan terlihat "jayus" dan membosankan. Masyarakat cenderung menyukai lawakan-lawakan yang berbau fisik, sehingga jenis lawakan Standup comedy sepi peminat. Namun kini, sepertinya masyarakat mulai bosan dengan jenis lawakan yang itu-itu saja. Nama Standup comedy  kini kembali terangkat. Terlihat dari munculnya bintang-bintang baru dalam standup comedy Indonesia seperti Raditya Dika, Panji Pragiwaksono, Monggol, Acho, Soleh Solihun, dan beberapa standup comedian lainnya. Para comic (Sebutan untuk Standup comedian) inilah yang sekarang menjadi selebritis standup comedy.


Saat ini hampir setiap kota pasti memiliki komunitas comic sendiri. Selain itu, banyak pula digelar acara-acara untuk para comic mengadu kebolehan melaui battle of comic. Atau banyak pula digelar pencarian bakat comic-comic baru yang digelar di berbagai mall, kampus, dan sekolah.

Lawakan standup comedy juga lebih cerdas. para comic biasanya mengangkat tema-tema yang sedang dibicarakan dimasyarakat. Mereka selau mencari inspirasi baru melalui pergaulan, dunia maya, dan berbagai media lainnnya. Inilah yang membuat standup comedy selalu ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya.

1 komentar:

NEWS

Loading...