Sabtu, 17 Januari 2015

Mengkompres File .PDF Dengan Mudah



File dengan format PDF merupakan file yang sangat umum kita temui. Banyak format file yang dibuat dengan bentuk pdf untuk menghindari dilakukannya penyalahgunaan / perubahan konten file yang tidak diinginkan. File dengan format pdf biasa digunakan pada manual book dari sebuah software atau driver, berbagai macam ebook, karya ilmiah, brosur produk, dan masih banyak lagi yang lainnya. 


Tidak Jarang kita diharuskan untuk mengirim email file pekerjaan, tugas kuliah atau tugas sekolah dengan format pdf. Akan tetapi biasanya dokumen-dokumen dalam bentuk pdf membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Ketika sedang melakukan pengiriman file dengan menggunakan Attachment pada email untuk mempercepat pengirimannya, akan lebih baik jika file yang akan dikirim berukuran kecil. Maka ada baiknya jika dokumen dalam bentuk pdf harus dikompres (mengecilkan ukuran file) terlebih dahulu. Berikut adalah cara untuk mengecilkan ukuran file pdf. 

1. Buka https://www.pdfcompress.com/

Halaman awal www.pdfcompress.com 

2. Cari dokumen pdf yang akan dikompres. Jika dokumen masih ada dalam computer, kita bisa mengklik My Computer, jika dokumen pdf telah disimpan di Dropbox atau google drive kita mengunduh langsung dengan mengklik dropbox atau Google Drive. Kemudian browse dokumen.
mencari dokumen yang akan di kompres

3. Terlihat ukuran pada dokumen "Curriculum Vitae_Yudha_2014" adalah 469 KB. Setelah memilih file kemudian klik open.

Dokumen yang akan dikompres

4. Setelah klik open maka dokumen akan muncul di dalam box kosong, kemudian klik Compress!

Proses loading pengkompresan

5. Tunggu beberapa saat hingga proses loading berakhir. Ketika proses loading berakhir dokumen akan otomatis terunduh ke dalan komputer kita. Buka folder download di komputer. Kemudian bandingkan ukuran sebelum dikompres dan setelah dikompres. 

Hasil Sebelum dan Setelah Dikompres
6. Sebelum di kompres, dokumen berukuran 469 KB dan setelah dikompres ukuran dokumen menjadi 123 KB. Selamat mencoba!!! 








2 komentar:


  1. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    Obat tradisional pneumonia

    BalasHapus